Beranda SUMBAR d’Besto Tindaklanjuti Surat Edaran Gubernur Sumbar

d’Besto Tindaklanjuti Surat Edaran Gubernur Sumbar

204
0
BERBAGI

Padang-netralnews.net- Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengeluarkan surat instruksi yang ditujukan kepada pelaku kuliner. Instruksi Nomor 360/223/Covid-19-SBR/X-2020 tentang Pengawasan dan Penegakkan Protokol Kesehatan pada Rumah Makan/Restoran/ Cafe dan Sejenisnya di Kota Padang.

Dalam instruksi itu yang ditujukan kepada Walikota Padang, Gubernur Sumbar mengatakan telah terjadi peningkatan kasus terkonfirmasinya positif Covid-19 yang semakin tinggi beberapa waktu belakangan ini, dapat disinyalir banyak penularan terjadi akibat ketidakdisiplinan menjalankan protokol kesehatan khususnya pada rumah makan, restoran, cafe dan sejenisnya itu, khusus untuk daerah teritorial Kota Padang.

Gubernur Sumbar menginstruksikan kepada Walikota Padang agar memperketat pengawasan dan penegakan Perda No 6 Tahun 2020 tentang Adaptasi Kebiasaan Baru dalam pencegahan dan pengendalian Covid-19 di seluruh rumah makan, restoran, cafe dan sejenis lainnya.

“Seluruh pengelola dan karyawan rumah makan, restoran, cafe dan lainnya, wajib mengikuti tes swab, pemeriksaan RT-PCR paling lambat dua minggu setelah ditetapkan instruksi ini,” seru Irwan Prayitno.

Berarti deadline tanggal 3 November 2020 mendatang. Sementara untuk pelaksanaan tes swab tersebut tidak dipungut biaya atau gratis dan gubernur harap pada pihak-pihak yang bersangkutan segera menghubungi Dr Andani Eka Putra di Labor Fakultas Kedokteran Unand.

Bagi rumah makan, restoran, cafe dan sejenisnya yang telah melakukan tes swab dan mengikuti protokol kesehatan akan diberi sertifikat. Namun jika ada pengelola dan karyawan rumah makan, restoran, cafe dan sejenisnya itu tidak mengikuti tes swab dan tidak mematuhi protokol kesehatan, maka tempat usahanya akan ditutup/disanksi berdasarkan Perda No 6 tahun 2020.

“Instruksi ini mulai berlaku pada hari ini, Selasa 20 Oktober 2020. Saya minta Satpol PP untuk melakukan penertiban disetiap rumah makan, restoran, cafe dan sejenisnya. Kalau ada yang melanggar aturan Perda tersebut akan dilakukan tindakan tegas,” sebutnya.

Dr. Yashinta sebagai pimpinan cabang wilayah Sumbar d’Besto Chiken Burger mengatakan, setelah kami melihat Surat Edaran (SE) Gubernur hari itu juga kami langsung menghubungi Dr. Andani untuk bertanya bagaimana prosedurnya dan Dr. Andani langsung mengirimkan link zoom untuk diskusi dengan pihak satgas covid 19 Sumbar dan Pemprov.

Minggu yang lalu kita sudah meminta izin dulu peraturan Swab harus diliburkan dua hari, itu tidak mudah bagi restoran yang buka setiap hari akhirnya minggu yang lalu kita melakukan swab gelombang satu untuk karyawan d’ Besto dan hasil swabnya keluar ahri ini kalau tidak besok, setelah keluar hasilnya kita lanjutkan swab gelombang dua, katanya, Kamis 12/11/2020.

Saya sangat mengapresiasi apa yang disampaikan oleh Pemprov Sumbar dan juga Dr. Andani. Ini bentuk komitmen dari Pemda dalam mencegah penyebaran covid 19.

Klaster rumah sakit sudah diperiksa dan klaster masyarakat juga telah diperiksa, tetapi klaster restoran belum diperiksa, saya sudah melihat di daerah lain pun belum melakukan swab untuk restoran, di Sumbar sangat bagus apa yang dilakukan oleh pemda setempat, tuturnya.

Menurut Dr. Yashinta sebagai pimpinan cabang wilayah Sumbar hal ini dilakukan dalam upaya menjaga keselamatan karyawan dan konsumen.

Sekarang pemerintah juga mengimbau industri restoran untuk mengurangi kapasitas sebanyak 50 persen pengunjung dari waktu sebelum masa pandemi Covid-19. Tentu saja ini akan berdampak pada sisi pendapatan bisnis restoran.

Lebih lanjut, Yasyinta menjelaskan bahwa D’besto akan mewajibkan seluruh karyawannya untuk menggunakan masker, pelindung muka, serta sarung tangan. Selain itu, terhadap semua karyawan D’besto juga akan dilakukan pengecekan suhu tubuh dan kesehatan secara berkala.

Tidak hanya itu, kami juga akan secara rutin membersihkan alat makan, meja, kursi, serta buku menu. Di pintu masuk restoran juga akan disediakan hand sanitizer serta pengecekan suhu tubuh bagi para pengunjung.

kami berkomitmen untuk terus memberi pelayanan terbaik demi kesehatan, kemanan, dan kenyamanan pengunjung setia kami,” pungkasnya.
(abrol)

LEAVE A REPLY