Beranda BERITA UTAMA SAMBUTAN GUBERNUR SUMATERA BARAT; yang dibacakan Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni,,,,PADA RAPAT...

SAMBUTAN GUBERNUR SUMATERA BARAT; yang dibacakan Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni,,,,PADA RAPAT PARIPURNA DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH KABUPATEN PADANGPARIAMAN

32
0
BERBAGI

DALAM ACARA

PENGUCAPAN SUMPAH/JANJI ANGGOTA DPRD KABUPATEN PADANG PARIAMAN MASA JABATAN TAHUN 2019-2024

Rabu, 14 Agustus 2019

Bissmillahirrahmanirrahim,
Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Yth. Bupati dan Wakil Bupati Padang Pariaman beserta seluruh Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Padang Pariaman;
Yth. Pimpinan DPRD Kabupaten Padang Pariaman beserta Anggota DPRD Kabupaten Padang Pariaman periode 2014-2019;
Yth. Pimpinan Sementara DPRD Kabupaten Padang Pariaman beserta Anggota DPRD Kabupaten Padang Pariaman periode 2019-2024;
Yth. Sekretaris Daerah, Para Asisten, Staf Ahli serta Para Kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman;
Yth. Para Pimpinan Instansi Vertikal, BUMN dan BUMD di Kabupaten Padang Pariaman;
Yth. Para Niniak Mamak, Alim Ulama dan Cadiak Pandai, Bundo Kanduang, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Rekan-rekan Pers Media Cetak dan Elektronik dan hadirin serta undangan yang berbahagia.
Puji dan syukur kita panjatkan ke hadirat Allah SWT karena atas berkat rahmat dan karunia-Nya, pada kesempatan ini kita dapat hadir dalam Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Padang Pariaman dalam acara Pengucapan Sumpah/Janji Anggota DPRD Kabupaten Padang Pariaman Masa Jabatan Tahun 2019 – 2024.
Shalawat dan salam marilah selalu kita persembahkan kepada Baginda Rasulullah Muhammad SAW, yang dengan segala pedoman hidup yang telah beliau berikan menjadi pegangan bagi kita semua dalam membangun masyarakat di jalan yang diridhoi Allah SWT.
Hadirin sekalian yang saya hormati,
Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Padang Pariaman yang kita laksanakan ini, menandai berakhirnya keseluruhan proses demokrasi lokal sekaligus sebagai sebuah titik tolak baru dalam penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat di Kabupaten Padang Pariaman.
Pemilu Legislatif yang berlangsung pada tanggal 17 April 2019 tersebut mencerminkan betapa besarnya harapan seluruh lapisan masyarakat dalam memberikan hak pilih mereka dalam menentukan wakil rakyat pada lembaga-lembaga perwakilan guna membawa daerah ini ke arah yang lebih baik.
Kini saatnya, Saudara-Saudara Anggota DPRD Kabupaten Padang Pariaman Masa Jabatan Tahun 2019 – 2024 melangkah bersama untuk mewujudkan janji-janji Saudara untuk mencapai kesejahteraan rakyat di Kabupaten Padang Pariaman. Ini saatnya Saudara-Saudara harus berjanji bekerja siang dan malam untuk mencapai kesejahteraan rakyat di Kabupaten Padang Pariaman.
Hadirin sekalian yang saya hormati,
Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, otonomi daerah adalah hak, kewenangan dan kewajiban daerah otonom untuk mengatur dan mengurus sendiri Urusan Pemerintahan dan kepentingan masyarakat setempat dalam sistem Negara kesatuan Republik Indonesia. Berdasarkan hal tersebut, otonomi daerah merupakan suatu bentuk penyebaran kekuasaan (distribution of power) dari pemerintah pusat kepada pemerintah daerah untuk mengatur daerahnya sendiri dengan tujuan pemberdayaan daerah.
Pada dasarnya ada dua tujuan utama yang ingin dicapai dari penerapan kebijakan desentralisasi, yaitu tujuan kesejahteraan dan demokrasi. Tujuan kesejahteraan mengharuskan pemerintah daerah untuk menyediakan pelayanan publik untuk masyarakat lokal secara efektif, efisien dan ekonomis. Oleh karena itu, desentralisasi tidak semata untuk membentuk pemerintahan daerah yang menjalankan kekuasaan, tetapi yang lebih penting adalah untuk membangkitkan partisipasi warga terhadap urusannya sendiri, komunitas dan pemerintah lokal.
Desentralisasi secara teoritis, merupakan upaya untuk membawa negara lebih dekat dengan masyarakat lokal dan mendorong tumbuhnya tata pemerintahan lokal yang lebih demokratis dalam bentuk demokrasi lokal. Tanpa diikuti dengan demokrasi lokal maka desentralisasi dan otonomi daerah sama saja dengan memindahkan sentralisasi dari pusat ke daerah.
Tujuan demokrasi akan memposisikan pemerintah daerah sebagai instrumen pendidikan politik di tingkat lokal yang secara agregat akan menyumbang terhadap pendidikan politik pada tingkat nasional untuk terwujudnya masyarakat madani (civil society).
Melalui otonomi daerah, diharapkan akan memperkuat interaksi antara pemerintah daerah dan masyarakat lokal dengan lebih intensif dalam rangka pertumbuhan kehidupan demokrasi, sehingga masyarakat sipil akan memperoleh hak-hak dan kewajiban-kewajibannya secara lebih baik sebagai warga negara.
Oleh karena itu, peran DPRD sebagai lembaga legislatif di daerah dengan tugas Legislasi, Anggaran dan Pengawasan yang dijalankan dalam kerangka representasi rakyat di daerah, memegang peranan yang sangat strategis dalam menentukan keberhasilan penyelenggaraan otonomi daerah.
Dalam koridor pencapaian tujuan otonomi daerah tersebut, Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah menyatakan bahwa “Pemerintahan daerah adalah penyelenggaraan urusan pemerintahan oleh pemerintah daerah dan DPRD menurut asas otonomi dan tugas pembantuan dengan prinsip otonomi seluas-luasnya dalam sistem dan prinsip Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945”.
Merujuk pada ketentuan tersebut, maka tergambar bahwa DPRD dan pemerintah daerah secara bersama-sama harus mampu menerjemahkan segala kebutuhan dan tuntutan masyarakat ke dalam bentuk kebijakan-kebijakan publik dalam rangka kemajuan pemberdayaan dan peningkatan partisipasi masyarakat serta dunia usaha dalam pembangunan Kabupaten Padang Pariaman.

Hadirin sekalian yang berbahagia,
Perlu disadari bahwa dalam melaksanakan tugas tersebut, DPRD dihadapkan pada berbagai tantangan, baik yang berasal dari internal maupun eksternal.
Tantangan tersebut dapat berupa belum berjalannya mekanisme check and balance antara Kepala Daerah dan DPRD dengan optimal, peraturan yang mengatur sistem kelembagaan yang masih sering berubah-ubah, dan perbedaan latar belakang masing-masing anggota DPRD yang kemudian menciptakan bias persepsi dan kepentingan dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah.
Sedangkan tantangan eksternal, terutama akan berasal dari makin meningkatnya tuntutan masyarakat terhadap kewajiban dan tanggungjawab DPRD dalam menjamin bagaimana aspirasi masyarakat pada tataran grass root dapat tersalurkan, sehingga menjadi kebijakan daerah yang membawa perubahan ke arah yang lebih baik bagi masyarakat.
Kita tentunya juga memahami bersama bahwa otonomi daerah masih dihadapkan pada kondisi belum adanya regulasi yang efektif untuk mengatur pola hubungan antar tingkatan pemerintahan.
Kita juga masih dihadapkan kepada tuntutan pemenuhan kebutuhan kehidupan masyarakat secara lebih layak, kerawanan bencana, stabilitas keamanan, serta keharusan dalam menjaga kearifan lokal sebagai ciri khas daerah yang menjadi landasan pelaksanaan otonomi daerah.
Dengan kondisi tersebut, maka hubungan kemitraan antara DPRD dan Pemerintah Daerah harus tetap berjalan dengan penuh rasa kebersamaan, harmonis dan berkomitmen kuat dalam mencapai tujuan yang sama, yaitu kemajuan daerah secara adil dan merata.
Kami memberikan apresiasi atas kebersamaan yang telah terbangun antara Pemerintah Daerah dan DPRD Kabupaten Padang Pariaman Masa Jabatan Tahun 2014 – 2019 selama ini, yang secara nyata telah mampu menyelesaikan sebagian permasalahan di Kabupaten Padang Pariaman melalui berbagai aktivitas pembangunan yang terencana dan terlaksana secara sinergi diantara semua pihak.
Kami berharap, kiranya kebersamaan yang telah ditunjukkan selama ini mampu ditingkatkan oleh Pemerintah Daerah dengan seluruh anggota DPRD Kabupaten Padang Pariaman Masa Jabatan Tahun 2019 – 2024 untuk mengisi otonomi daerah di Sumatera Barat.
Disamping itu, salah satu upaya internal yang dapat ditempuh agar artikulasi dan agregasi kepentingan masyarakat lokal dapat dilaksanakan oleh DPRD Kabupaten Padang Pariaman dengan baik adalah dengan memperkuat kelembagaan legislatif di daerah. Melalui penguatan baik secara personal dan kelembagaan ini, diharapkan segala tuntutan dan kebutuhan masyarakat dapat tersalurkan dalam bentuk kebijakan publik yang ditetapkan oleh pemerintah daerah.
Hal tersebut akan dapat lebih meningkatkan kinerja DPRD Kabupaten Padang Pariaman sebagai institusi demokrasi dan mitra setara bagi Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman dalam melaksanakan pembangunan. Setara, dalam artian bahwa antara eksekutif dan legislatif mempunyai kedudukan yang sama dan sejajar sehingga tidak saling membawahi satu sama lain. Eksekutif dan legislatif juga memiliki hubungan kemitraan, dimana keduanya bukanlah lawan atau pesaing dalam melaksanakan fungsi masing-masing, tetapi merupakan hubungan kerja yang saling mendukung satu sama lainnya.
Hadirin yang saya hormati,
Sebelum mengakhiri sambutan ini, kami mengucapkan Selamat atas telah diresmikannya seluruh Anggota DPRD Kabupaten Padang Pariaman Masa Jabatan Tahun 2019 – 2024. Laksanakanlah amanat yang telah dipercayakan masyarakat Kabupaten Padang Pariaman ini dengan sebaik-baiknya. Lanjutkan program-program pembangunan yang telah direncanakan sebelumnya, serta ciptakan inovasi-inovasi baru untuk mempercepat pembangunan di Kabupaten Padang Pariaman ini.
Kepada anggota DPRD Kabupaten Padang Pariaman Masa Jabatan Tahun 2014 – 2019 yang pada hari ini telah mengakhiri masa jabatannya, kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas pengabdian dan bhakti yang telah Saudara berikan untuk Kabupaten Padang Pariaman.
Semoga segala daya dan upaya tersebut menjadi amal ibadah yang diridhoi Allah SWT. Tetaplah mengabdi bagi Kabupaten Padang Pariaman, karena pengabdian yang tulus tidak terbatas pada jabatan semata, namun dapat dilakukan oleh siapapun, kapanpun dan dimanapun.
Demikianlah yang dapat disampaikan pada kesempatan ini, Semoga Allah Tuhan Yang Maha Esa selalu membimbing kita semua. Terima kasih.
Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Waba-rakatuh.

GUBERNUR SUMATERA BARAT
              ttd
IRWAN PRAYITNO

 

 

 

 

 

KABUPATEN PADANGPARIAMAN

Amar

LEAVE A REPLY