Beranda BERITA UTAMA Tips Aman Liburan Bersama Balita, Perjalanan Jadi Gak Merepotkan!

Tips Aman Liburan Bersama Balita, Perjalanan Jadi Gak Merepotkan!

11
0
BERBAGI

Liburan bersama balita itu mempunyai tantangan tersendiri. Gak sedikit para ibu yang bilang jika semuanya akan terasa merepotkan. Perjalanan dan persiapan akan lebih berbeda ketimbang saat bepergian dengan orang dewasa. Namun, demi menghabiskan waktu bersama keluarga dan liburan yang menyenangkan kamu tentu harus siap dengan apa yang akan terjadi di perjalanan nanti.

Bagi kamu yang sudah menjadi orang tua, ada beberapa hal tertentu yang perlu dilakukan supaya anak tetap merasa senang dan nyaman selama bepergian. Tak cuma itu, mengutamakan keselamatan dan juga kesehatan seluruh anggota keluarga juga penting lho. Nah, di artikel kali ini kami telah merangkum beberapa tips aman buat liburan bersama balita yang bisa kamu simak berikut ini.

  1. Pilih Tempat yang Ramah Anak
Sumber: youtube.com

Keamanan dan kenyamanan anak adalah prioritas utama yang harus diperhatikan. Maka dari itu, pilihlah tempat yang ramah anak untuk liburan bersama anak kali ini. Kalau bisa, pilih tempat yang mempunyai fasilitas lengkap khusus untuk anak sekaligus edukatif. Museum atau taman bermain bisa menjadi destinasi alternatif untuk kalian kunjungi. 

  1. Riset Kondisi Tempat Liburan 
Sumber: freepik.com

Riset tentang medan tujuan merupakan tips liburan bersama balita yang harus dilakukan. Carilah informasi mengenai tempat tujuan sebanyak mungkin. Mulai dari, kondisi cuaca serta jenis transportasi yang dapat dipakai disana. Selain itu, kamu juga dapat bertanya langsung ke agen travel. Sehingga perjalananmu pun bakal lebih mudah dan gak repot dalam menyusun rencana perjalanan nanti. 

  1. Pastikan Anak Sedang dalam Kondisi Baik 
Sumber: halodoc.com

Sebelum tiba hari H, pastikan anak sedang dalam kondisi baik dan sehat. Ini sangat penting untuk dilakukan ketika akan berwisata bersama anak. Jika ingin pergi ke negara yang memiliki 4 musim, kamu harus melakukan imunisasi kepada anak terlebih dahulu. Kamu bisa berkonsultasi dengan dokter tentang vaksin apa saja yang bisa didapatkan. Tak hanya itu, kamu juga perlu memberikan anak asupan makan yang bergizi serta vitamin supaya daya tahan tubuh anak bisa terjaga. 

  1. Siapkan Alat Bantu 
Sumber: pinterest.com

Gendongan dan stroller merupakan benda yang sangat membantu sekali bagi orang tua ketika berpergian dengan anak. Bawalah stroller yang mudah dan ringan di bawa, serta gendongan yang dibekali penutup biar anak tetap terlindungi dari panas. Kalau kamu bepergian menggunakan mobil, ada baiknya siapkan juga car seat anak untuk memberikan kenyamanan anak selama di perjalanan. Sesuaikanlah semua alat bantu tersebut dengan usia dan berat badan anak. 

  1. Bawa Mainan Anak 
Sumber: popmama.com

Anak biasanya mudah rewel karena merasa bosan. Untuk itu, siapkanlah hiburan untuknya. Kamu bisa membawa jenis mainan anak terbaru yang dapat membuatnya anteng dan memiliki aktivitas, seperti puzzle, lego, busy book, dan lain sebagainya. Berikanlah mainan edukatif untuk merangsang stimulasi pada anak. 

  1. Siapkan Stok Makanan untuk Anak 
Sumber: 1dental.com

Saat anak lapar biasanya mereka bakal cranky. Nah, supaya hal itu tidak terjadi ketika berwisata dengan anak, siapkanlah stok makanan serta minuman untuk anak yang cukup. Kamu bisa membawa bekal favorit si kecil dan cemilan anak, seperti buah-buahan misalnya. Membawa bekal dari rumah juga bakal menghemat budget kamu, kan? 

  1. Packing Perlengkapan Anak Seperlunya 
Sumber: sepertiga.com

Siapkanlah pakaian anak dengan rapi di dalam ransel yang berbeda dari orang tua. Kamu bisa susun pakaian anak sesuai dengan nama hari supaya lebih mudah saat ingin diambil. Bawalah pakaian anak yang benar-benar dibutuhkan biar kamu gak kerepotan membawa barang bawaan. Selain itu, kamu juga harus mem-packing perlengkapan mandinya. Nah, agar tidak memakan banyak tempat di koper, lebih baik simpan semua perlengkapan mandi anak di pouch travel berukuran kecil. 

Itu dia berbagai tips aman traveling bersama balita yang sudah kamu simak di atas. Jadi, sudah siap buat liburan dengan si kecil?

LEAVE A REPLY