Beranda BERITA UTAMA Waspadai, Berita Hoax Warnai Pilkada Mamasa

Waspadai, Berita Hoax Warnai Pilkada Mamasa

100
0
BERBAGI

MAMASA-netralnews.net – Berita Hoax kini santer terdengar di mana-mana utamanya di Medsos (Media Sosial). Bahkan hal ini merambah hingga ke daerah.

Tak tanggung-tanggung, penyebaran berita atau informasi Hoax tersebut memanfaatkan momen tahun politik saat ini. Tujuannya untuk mempengaruhi masyarakat agar tidak memilih pasangan calon tertentu yang tidak disenangi.

Seperti yang ditengarai terjadi di Kabupaten Mamasa yang saat in mempersiapkan diri menghadapi Pilkada serentak lewat Pilbup mendatang. Dari pantauan media ini, Pilkada di daerah kini semakin dibanjiri berita Hoax.

Sasarannya juga menyerang partai politik. “Manuver politik dengan memainkan berita Hoax, sangat tidak mendidik masyarakat dan juga sebuah pengingkaran terhadap roh demokrasi,” ungkap Direktur Kajian Hukum dan Demokrasi, Pither Ponda Barany, di Mamasa, baru-baru ini.

Menurut Pither, demokrasi itu harus dibangun dari kejujuran dan kebenaran. Membangun demokrasi dengan berita Hoax, katanya, hanya akan menyengsarakan rakyat. Karena itu, Advokat yang dikenal piawai menangani sengketa Pilkada ini, mengaku salut dengan tertangkapnya beberapa pelaku penyebaran berita Hoax, meskipun di daerah belum besar gaungnya. “Agar lebih maksimal lagi kalau bisa di daerah-daerah Pilkada pihak kepolisian lebih aktif,” bebernya.

Sebagai contoh di Kabupaten Mamasa dimana ada upaya dari sekelompok orang menyebarkan berita atau informasi yang tidak mendidik.

Tujuannya untuk menggiring masyarakat agar lebih memilih kotak kosong (koko) ketimbang paslon tunggal. Paslon dimaksud adalah Ramlan Badawi (petahana) – Marthinus Tiranda dengan tagline “HARMONIS” sebagai Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati. (tom)

LEAVE A REPLY