OpiniPolitik

Hari Pers Nasional Dan Hiruk Pikuk  Pemilu 2024.

Netralnews.net : Sumenep ll Oleh Suyadi : perayaan hari pers nasional di tengah hiruk pikuk pesta demokrasi pemilihan umum (Pemilu) serentak tahun 2024, dan ternyata menjadi suatu moment terpenting bagi para insan atau pelaku media di seluruh penjuru nusantara. Namun, diakui maupun tidak, peringatan hari pers saat ini bak di masa pandemi, tertutup dengan masifnya kegiatan kampanye.

Pers merupakan pilar demokrasi ke- 4 yang berperan dan berfungsi sebagai kontrol sosial, membangun demokrasi yang sehat dan kuat, ikut serta dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, berperan dalam upaya menegakkan supremasi hukum sebagaimana diamanatkan UU No 40 Tahun 1999 tentang Pers.

Pers bahkan tak pernah luput mengawal seluruh tahapan pemilu 2024, yang pelaksanaannya tinggal 5 (lima) hari lagi. Tanpa harus mengesampingkan informasi informasi penting yang hampir setiap waktu dibutuhkan masyarakat.

Terkadang, profesi pers pun sering dipandang sebelah mata. Terlepas dari hal tersebut, diakui maupun tidak, masih juga terdapat oknum oknum tidak bertanggungjawab yang memanfaatkan.

Menjelang pelaksanaan penghitungan suara Rabu, 14 Februari 2024, ratusan juta rakyat indonesia hari ini, pandangan matanya kebanyakan terfokus pada sisa-sisa tahapan kampanye politik yang selanjutnya memasuki masa tenang.

Melalui media online, cetak, elektronik (televisi/radio) yang tak kalah menarik di era digitalisasi berbagai aplikasi sosial media yang ada pada gadget/handphone, tentunya berseliweran gambar calon presiden dan calon wakil presiden, calon Dewan Perwakilan Daerah, calon legislatif DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota. Konten parodi yang sengaja dibuat juga tak mau kalah, sebagai sarana sosialisasi untuk mensukseskan pelaksanaan penghitungan suara pemilu 2024.

Pers melalui perusahaan media masing-masing tak kenal lelah, juga tak pernah mengeluh saat berada di kondisi apapun. Bahkan, terkadang harus rela menerobos barisan massa yang mengikuti kegiatan kampanye hanya untuk mendapatkan gambar epik dan memperoleh pernyataan yang tepat dari nara sumber. Sehingga menjadi suguhan berita yang berpedoman dengan data dan fakta yang ada (bukan hoax).

Bersamaan hari pers nasional tahun 2024, selaku insan media hanya mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat pembaca. Tetaplah menjaga persatuan dan ayo sukseskan pemilu serentak 2024, dengan jujur, adil, langsung, umum, bebas dan rahasia.

Jadikan pers sebagai mata dan telinga yang membantu dalam memberitakan segala hal berpedoman pada fakta. “Selamat Hari Pers Nasional Tahun 2024”.

(Redaktur).

Back to top button