Berita

Kepribadian Dan Karakter Yang Kuat Di Bentuk Oleh Pikiran Positif Yang Setiap Hari Anda Ciptakan

Netralnews.net : Sumenep,04/01/2024

Membentuk karakter tidak terlepas dari inti spiritual yang dinamakan suara hati atau fitrah. Hati adalah pendorong utama dalam pembentukan karakter. Rasulullah SAW bersabda,’Ingatlah, dalam tubuh manusia itu ada segumpal daging. Kalau segumpal daging itu baik, maka akan baiklah seluruh tubuhnya. Tetapi, bila rusak, niscaya aka rusak pula seluruh tubuhnya. Segumpal daging itu bernama qolbu.” (HR Bukhari dan Muslim).

Karakter yang terbentuk dari hati dan niat yang kuat, akan membentuk perilaku yang baik dan kebaikan-kebaikan tersebut akan keluar dengan sendirinya tanpa harus dipaksa. Kekuatan dari sebuah karakter dihasilkan dari gabungan tiga hal berikut:

Head (pikiran sebagai motornya)
Pikiran ibarat mesin yang dapat mengarahkan serta memberi komando kepada tubuh untuk bergerak. Maka penting untuk memiliki mindset positif dan pikiran yang terbuka untuk terus tumbuh dan berkembang.
Heart (emosi sebagai bahan bakarnya)
Hati sebagai penimbang atas apa yang diperintahkan oleh pikiran, juga tak kalah penting dan berperan sebagai bahan bakar untuk menggerakkan motor/mesin yang sudah siap untuk jalan.
Dash (keberanian untuk berani)
Berubah dan bangkit untuk menjadi pribadi dengan karakter dan integritas yang baik, membutuhkan keberanian. Berani keluar dari zona nyaman, berani melawan rasa malas, berani melakukan hal yang tidak biasa dilakukan. Bahkan berani untuk menghadapi lingkungan yang mungkin bisa saja kurang mendukung langkah kita untuk berubah.
Ketika kita sudah mampu menggabungkan ketiga kekuatan tersebut maka remarkable performance (performa yang luar biasa) akan didapatkan.

Kepribadian dan karakter yang kuat dibentuk oleh pikiran positif yang setiap hari anda ciptakan. Maka mari pikirkan tentang nasib kita sejak dini sebelum karakter buruk menindas nasib baik yang sudah menjadi impian.

(Redaksi).

Related Articles

Back to top button