ArtikelADV

Segenap Jajaran Netralnews.net Mengucapakan Selamat Memperingati Hari Aksara Internasional 08 September 2023.

Netralnews.net : Sumenep, 08/09/2023.

Jawa Timur.

Segenap Jajaran Netralnews.net Mengucapakan Selamat Memperingati Hari Aksara Internasional 08 September 2023.

Ucapan Hari Aksara Internasional dapat disampaikan kepada teman, sahabat, dan orang terdekat saat peringatannya pada Jumat, 8 September 2023.

The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) secara resmi telah mengumumkan tema Hari Aksara Internasional 2023 yaitu “Promoting literacy for a world in transition: Building the foundation for sustainable and peaceful societies”.

Tema tersebut apabila diterjemahkan dalam bahasa Indonesia berarti “Mempromosikan literasi untuk dunia yang sedang dalam masa transisi: Membangun fondasi untuk masyarakat yang berkelanjutan dan damai”.

Berdasarkan tema itu, Hari Aksara Internasional 2023 akan dirayakan di tingkat global, regional, negara, dan lokal di seluruh penjuru dunia.

Di tingkat global, sebuah konferensi akan diselenggarakan secara luring dan daring pada hari Jumat, 8 September 2023, di Paris, Prancis.

Perayaan global ini akan mencakup upacara penganugerahan Hadiah Literasi Internasional UNESCO untuk mengumumkan program-program yang memenangkan hadiah tahun ini.

Bagi mereka yang ingin menghadiri konferensi terebut secara online atau daring, dapat melakukan registrasi secara langsung di laman UNESCO.

Sejarah Singkat Hari Aksara Internasional
Melansir laman Balai Besar Guru Penggerak Sumatera Utara (BBGP Sumut), cikal bakal penetapan Hari Aksara Internasional adalah diadakannya Konferensi para Menteri Pendidikan se-dunia tentang Pemberantasan Buta Huruf yang diadakan di Teheran, Iran pada tanggal 8-19 September 1965.

Satu tahun setelah konferensi itu, Hari Aksara Internasional ditetapkan UNESCO pada tahun 1966 untuk mengingatkan masyarakat akan pentingnya literasi sebagai bagian dari martabat dan hak asasi manusia.

Meskipun banyak kemajuan yang telah dicapai dalam meningkatkan tingkat melek huruf dalam lebih dari lima puluh tahun sejak Hari Aksara Internasional yang pertama diresmikan, buta huruf masih menjadi masalah global.

National Today menulis, diperkirakan ada lebih dari 750 juta orang dewasa di seluruh dunia yang tidak dapat membaca. Buta aksara merupakan momok yang tidak dapat disembunyikan oleh bangsa atau budaya mana pun di dunia.

(Oleh Team Redaksi).

Related Articles

Back to top button