Berita

Team Syekh Lukman Haris Rahman Mursyid Temukan Makam Kuno Prasejarah.

Netralnews.net : Sumenep ll 9 makam kuno yang di duga penyebar agama Islam di temukan oleh team kiyai Lukman Haris Rahman Mursyid ( thoriqat Qadiriyah dan Syathoriyah Madura) beserta warga binaan nya beberapa waktu lalu, Di Jalan Agung Nangka RT 10 RW 3 Dusun Laok Lorong desa Tanamera Kecamatan Saronggi Kab.Sumenep – Madura Jawa timur.

Kini Syekh Lukman Haris Rahman Mursyid bersama team ,santri dan warga yang berjumlah kurang lebih 27 orang melakukan pembersihan lokasi dari rimbunnya ilalang dan semak belukar yang di pimpin langsung ole kiyai Haris, Jumat 05/01/2023 jam 13:30 WIB.

Saat di wawancarai awak media kiyai Haris menjelaskan bahwa makam kuno yang di temukan ini bernama Bhujuk Dandang dengan sejumlah makam kuno yang berjumlah 9 makam …ucapnya..!!

Beliau menambahkan bahwa semua makam kuno ini merupakan tokoh-tokoh penyebar agama Islam di Madura khususnya di sekitar desa tanah merah sini ..ujarnya !!

Sejarah penamaan bhujuk di karenakan tokoh yang bersangkutan konon mempunyai karomah bisa terbang dan banyak lagi karomah yang lain nya.

Adapun tujuan dari kegiatan ini selain memper erat tali silaturahmi dengan warga juga melawan lupa terhadap sejarah para perjuangan tokoh tokoh ulama terdahulu.

Kiyai Haris meminta kepada para santri dan warga sekitar agar selalu merawat makam Asta bhujuk Dandang tersebut sehingga terjaga kelestariannya.

Seperti pepatah Bung Karno pernah berkata bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawan nya, Begitu juga dengan makam kuno ini yang tokoh-tokoh alim ulamanya sudah berjasa menyebarkan ajaran islam…..pungkasnya ….bersambung ..!!!

(Redaksi).

Related Articles

Back to top button